semoga bisa bermanfaat :)

alhamdulillah.. senangnya ketika klik google dengan nama Azti Arlina, ada seorang ibu yang membuat resensi buku saya, dan dishare ke para bunda yang lain.

satu hal, yang paling membahagiakan bagi seorang penulis adalah, ketika bukunya bisa bermanfaat untuk banyak orang. semoga begitu seterunya.. semoga saya semakin ikhlas, bismillah🙂

The 7 Ways to be Happy Mom (Azti Arlina)

oleh : http://www.ayankMira.blogspot.com

Dear Bunda….

apakah diantara Bunda2 masih ada yg merasa belum bahagia, meskipun hidup di tengah anak2 yang lucu, suami yang baik, harta yang cukup? sedangkan di sisi lain, ada seorang bunda yang hidup dalam keadaan yang cukup, belum dikaruniai anak, suami juga hanya pekerja biasa, namun hatinya sangat merasa bahagia. mmmm… dimana yaa salahnya?

mmmm…kesalahan pertama buat para bunda ketika tidak merasakan kebahagiaan adalah ketika ia memahami makna kebahagiaan itu sendiri, karena banyak juga yaa saat ini para bunda yang salah menempatkan makna kebahagiaan. sebenernya siapapun bisa mendapatkan kebahagiaan, karena kebahagiaan adalah sebuah pilihan hidup: “Mau bahagia atau enggak?” dan sudah jelas setiap manusia diberikan akal untuk menjawab pilihan tersebut, tul ga? dan perlu di inget lagi deh bun, rasa bahagia engga melulu diberikan dari sebuah mobil mewah, rumah megah, banyak anak, tapi rasa bahagia adalah pilihan bunda sendiri. so, siapapun sebenernya bisa merasakan kebahagiaan tersebut.

percaya deh Bun, kebahagiaan yang abadi itu datangnya dari hati hingga bermuarakan pada keikhlasan. n how to be?

ni ada tips nya, semoga bermanfaat buat semua Bunda yaa…

BE POSITIVE
Yup, konsep positif bun, kebanyakan para bunda kehilangan konsep positif tentang dirinya. dalam benaknya, tugas seorang ibu hanyalah negatif, bunda ngejalanin tugasnya menjadi beban dan engga merasa dirinya berguna dan menganggap dirinya hanya sebagai pembantu rumah tangga. padahal ya bun, semua itu adalah anugerah dari Allah Swt yg ga diberikan pada kaum lelaki. bahkan, karena peran seorang bunda pun, seseorang bisa melakukan perubahan di dunia ini. luar biasa bukan? so, kuatkanlah konsep positif bunda, bukalah wawasan dan renungkanlah betapa bahagianya menjadi seorang bunda.

BE THANKFUL
Bun, Cobalah mencintai apa yang kita miliki, karena dengan mencintainya kita akan terus berusaha terus untuk aktif mengiprovisasikan kekurangan2 yang ada. karena masih banyak juga loh Bun para wanita yang tidak seberuntung kita menjadi seorang ibu,menjadi seorang istri…
Mencintai apa yang kita miliki berarti bersyukur. bukankah dengan bersyukur Allah akan menambahkan nikmat-Nya?, maka, berbahagialah bunda, dengan senantiasa selalu bersyukur

BE SOLVER PROBLEM
eh Bun, klu seorang bunda yang bahagia pasti deh otaknya juga lebih cair kan? xixixiixi. lebih mudah berfikir dan bertindak kreatif. so, disaat masalah datang, bunda engga hanya fokus pada bebannya, tetapi lebih fokus pada apa yang harus dilakukannya. coba lihat deh masalah itu dari sudut pandang yang lain, karena hal tersebut bisa mengubah masalah menjadi kebahagiaan tersendiri, Insya Allah ya Bun…

BE DYNAMIST
ini nih yang penting menurut ku bun… bunda harus berani melakukan perubahan perubahan dalam hidup bunda dan membuat variasi. cobalah sesuatu yang baru untuk menambah wawasan dan pengalaman, seimbangkanlah Habluminallah dan Habluminannas nya, sehingga dengan begit pasti kejenuhan bukan lagi masalah. akuurr??

BE PLANNER
Bun…bunda pasti punya cita2 kan? atau punya rencana2 untuk menggapai kesuksessan. mau jadi apa? penulis? pebisnis? pekerja karir? atau jadi boss bagi diri sendiri?… tau ga sih bun? menulis rencana2 kesuksessan itu penting sebagai motivasi, selain bikin hidup lebih bervariasi, pastinya lebih bergairah donk. tapi harus inget juga yaa… kesuksessan2 itu cukup berat dan perlu kerja keras, sehingga bunda bener2 harus penuh kesabaran dan keuletan. soalnya, kalu ternyata gagal dalam menggapainya, hal tersebut bisa mendatangkan kesedihan, bukan kebahagiaan.

BE LEARNER
Dunia ini brkembang bun, ilmu di dalamnya pun berkembang. anak2 kita yang hidup di zaman ini pun mengikuti perkembangan ilmu tersebut. apa jadinya donk kl kita sebagai bunda tertinggal dari anak2 kita? padahal, didikan mereka tetaplah di bawah tanggung jawab kita. so, jadilah seorang bunda yang pembelajar. bukan berarti bunda yg belajar formal layaknya anak2, tetapi jadilah bunda yang belajar dari segala hal dan segala sesuatu dalam kehidupan.

BE TAWAKAL
gimanapun ya bun, apresiasi atau penghargaan untuk diri sendiri memang mampu memberikan kebahagiaan yang luar biasa, bener ga? sebuah sanjungan sederhana dari lisan suami atau dari bibir mungil anak2 adalah hal2 kecil yang bisa memberikan pengaruh besar buat kita, tapi, gimana kalu semua itu enggak kita dapatkan?
Bun…coba renungi deh, jangan pernah nodai jerih payah kita dengan rasa pamrih yaa… memang manusiawi, tapi ada hal yang lebih penting dari karakter manusiawi kita, yaitu pahala Allah Swt. dan sesungguhnya ada kebahagiaan yang lebih tinggi dari semua itu, kebahagiaan yang engga bisa digambarkan karena hati kita yang bisa ngerasainnya. kebahagiaan tersebut ada ketika kita menyerahkan segalanya kepada Allah Swt.

Semoga kita semua termasuk para Bunda yang senantiasa berbahagia karena Allah Swt ya Bun… teruslah menjadi cahaya untuk kehidupan ini “Bagai Sang Surya menyinari Dunia…”

Diambil dari Buku : Keep Smiling For Mom
Penulis : Azti Arlina
penerbit MIzan

Glitter Photos
[Glitterfy.com – *Glitter Photos*]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s